Tips berpakaian di saat musim dingin

Pake baju apa yah? berapa lapis? kurang tebel? terlalu tipis? Ah...ini adalah pertanyaan-pertanyaan klasik yang sering ditanyakan teman-teman. Gimana sih kamu bisa survive di negara sedingin itu? Jawabannya gampang....berpakaian lah yang benar!

Caranya gimana sih? Yuk kita simak bareng-bareng  

Saat suhu dibawah 0 ºC. Hmm...kedengarannya kulkas banget nih, atau freezer? Suhu dibawah titik beku membuatmu beku? Yah ada benar dan salahnya juga. OK, aku berbagi tips yah!

Pakaian yang teman-teman butuhkan hanya terdiri dari 3 lapis and not more! Serius??? Iya dua rius deh, aku engga bohong! Kedengarannya aneh banget ya? Justru karena pengalaman tinggal di negeri kutub yang memberikan pelajaran nyata. Yuk kita bahas lebih detail.

OK, kita ngomong-ngomong dulu nih soal suhu tubuh manusia yang  normal ada di kisaran 36-37 ºC, setuju kan? Oke, lanjut nih. Karena kita sudah memiliki panas tubuh yang alami maka yang diperlukan adalah pakaian yang bisa bernafas. Nah bingung kan ya? Kok ada pakaian yang bisa bernafas?!? Kedengarannya ngaco banget deh? Sebentar gaes....kita kembali ke intinya karena tips yang aku bahas disini adalah tips berpakaian yang benar dan bukan cara berpakaian yang salah! Jadi gimana caranya mencari pakaian yang benar dan  pakaian yang bernafas? Jawabannya adalah super thermal long johns. Apa sih sebenarnya keunggulan dari pakaian ini? Keunggulan dari super thermal long johns ini adalah keahliannya yang bisa melepaskan kelebihan kelembaban yang ada di dalam tubuh manusia untuk keluar tubuh sehingga membuatmu akan selalu kering, tidak lembab. Nah kalau baju kamu terlalu banyak lapisannya maka yang akan terjadi di dalam tubuhmu adalah terhambatnya sirkulasi penghantaran panas keluar tubuh. Kelebihan panas tubuh (dalam bentuk kelembaban) akan menjadi keringat yang terperangkap di dalam tubuhmu sehingga membuatmu lembab kemudian menggigil kedinginan.

Gimana make sense kan ya?

Intinya yang paling penting dari berpakaian di saat musim dingin ketika kita di outdoor adalah mencari bahan pakaian yang tepat. Jadi urutannya setelah BH dan celana dalam adalah sebagai berikut:

1. Super thermal long johns




 

2. Fleece jacket atau sweater berbahan wool 100%

     

 
 

3. Jaket dengan kombinasi polyster (anti angin) dan sedikit wool atau bulu angsa.



 

Pelengkap tambahan.

1. Sarung tangan berbahan kulit yang di dalamnya bahan fleece agar lebih hangat.



2. Topi kupluk berbahan 100% wool.



3. Celana dalam wanita berbahan 100% wool

4. Kaos kaki berbahan katun jika sepatumu adalah sepatu musim dingin yg di dalamnya ada bulu. Kalau di dalam sepatu musim dinginmu tidak berbulu, maka pilihlah kaos kaki dengan bahan wool.



Nah sekarang teman-teman sudah ahli saat berpakaian musim dingin kan? Lupakan pakaian yang 5-7 lapis itu karena semakin banyak lapisan yang kamu pakai maka kamu akan kedinginan. Berpakaian yang terlalu banyak lapisan akan membuatmu berkeringat! Nah keringat adalah musuhmu! Dengan berkeringat, pakaianmu akan menjadi lembab dan basah. Akhirnya akan berujung ke kedinginan! Brrr...

Cara mensiasati supaya badan tetap hangat saat di outdoor adalah dengan jalan cepat, bergerak lah! maka suhu tubuh akan meningkat. Lakukan aktivitas jangan hanya diam duduk. Kalau mau duduk-duduk santai, silakan kembali ke dalam ruangan!

Masih kedinginan? minumlah yang hangat-hangat seperti hot chocolate, minuman ini selain membuatmu hangat juga membuatmu berenergi! Di suhu yang dingin tubuh manusia memerlukan banyak energi, jadi minuman ini sangat cocok di saat musim dingin. Berendam lah di air hangat  selama 30-50 menit jika kamu masih kedinginan dengan ini akan membuat badanmu menjadi hangat.

Ingat! jangan membeli jaket yang berbahan 100% wool jika kamu ingin memakainya di saat suhu dibawah 0 ºC, kenapa? karna 100% wool tidak membantu badanmu menjadi hangat terutama ketika angin dingin berhembus. Angin dingin yang menusuk tulang itu akan tembus ke badanmu jika jaketmu 100% wool. Hanya jaket anti angin dengan bahan polyster yang bisa menolongmu disaat angin dingin berhembus. Saran, belilah jaket dengan bahan 100% polyster, anti angin, kemudian kamu pakai fleece atau sweater wool sebagai lapisan keduanya. Atau beli jaket dengan kombinasi polyster dan wool/bulu angsa,

Selamat menikmati musim dingin, gaes ♥




 

Ingen kommentarer

Skriv en ny kommentar

travelandlifestyle

travelandlifestyle

37, Harstad

Make travel and lifestyle be GREAT again! :) Love, Cecilia

Kategorier

Arkiv

hits